Senin, 30 Januari 2012

Error !!!

Error ! itulah magic word, ketika seseorang mendapatkan kesulitan menggunakan suatu perangkat IT.

Begitu juga dalam penerapan e-procurement, kata ajaib ini memang cukup ampuh digunakan oleh pengguna e-procurement ketika mendapati sebuah masalah, dan bagi petugas helpdesk cukup membuat shock juga ketika mendengar kata-kata ini sebab khawatir memang sistem sedang error.

Namun, ketika dirinci seperti apa error yang dimaksud ternyata penyebab utamanya adalah kurangnya pemahaman terhadap penggunaan aplikasi, sehingga sistem lah yang disalahkan, hal ini berpotensi mengganggu proses pengadaan yang sedang berlangsung karena dapat dijadikan alasan untuk menggagalkan proses pengadaan.

Dengan demikian bagi petugas helpdesk yang melayani pengguna, dituntut untuk mencari informasi lebih jauh error yang dimaksud sebelum ditindaklanjuti secara teknis apabila error tersebut terbukti.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membuktikan error tersebut adalah :
1. meminta admin, memeriksa aktivitas user tersebut melalui user log
2. meminta admin, memberikan monitoring report kondisi jaringan pada saat terjadinya eror,
3. atau meminta admin, data pengadaan yang sedang berjalan pada tahapan yang sama apakah juga mengalami permasalahan yang sama,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar