Selasa, 14 November 2017

Membangun smartcity dengan komitmen - sebuah catatan Program Gerakan #menuju100smartcity


http://makassartoday.com/
Kementerian Kominfo bersama Kompas Gramedia Grup telah menggagas program Gerakan Menuju 100 smartcity, pelaksanaannya bertahap dimulai pada tahun 2017  untuk 25 Kota/kabupaten dan di akhiri nanti 100 kota/kabupaten pada tahun 2019.

Seperti sudah menjadi keniscayaan bahwa perkembangan teknologi berdampak pada perubahan mindset dalam kehidupan bermasyarakat termasuk dalam pelaksanaan pemerintahan. Tuntutan masyarakat untuk mendapatkan kehidupan sosial yang nyaman serta kepastian dan kemudahan terhadap layanan yang diberikan pemerintah dan adalah hal yang mutlak.

Dalam menghadapi hal tersebut konsep penerapan smartcity dijadikan acuan oleh pemerintah daerah kota maupun kabupaten untuk menjawab segala tuntutan masyarakat sekaligus meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan.

Program Gerakan #menuju100smartcity Kementerian Kominfo bersama Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta Kementerian Pembangunan Nasional/Bappenas ditahun 2017 memulai dengan memberikan dukungan asistensi dan pendampingan untuk menyusun rencana induk smartcity sesuai dengan konsep dan pedoman smartcity yang telah ditetapkan. Pemilihan kota/kabupaten yang akan didampingi berdasarkan pada hasil penilaian terhadap 4 aspek, yaitu 1)Indeks Kota Hijau 2) Kemampuan Keuangan Daerah 3) Indeks Kinerja Pemerintah Daerah 4) Indeks Kota Berkelanjutan

https://aptika.kominfo.go.id/
Kementerian Kominfo berkewajiban mengirimkan pembimbing teknis yang berasal dari unsur pemerintah, akademisi, serta praktisi sebanyak 4 kali dalam membantu pemerintah daerah menyusun rencana induk smartcity dan pemerintah daerah berkewajiban memfasilitasi dan menyelesaikan rencana induk tepat waktu.

Melalui Gerakan #menuju100smartcity ini pemerintah daerah bersama masyarakatnya yang diwakili oleh komunitas, akademisi, praktisi, tokoh masyarakat untuk mengenali seluruh potensi daerahnya berupa sumber daya, keunggulan-keunggulan daerah dan kekhasan daerah masing-masing serta faktor penghambatnya, selanjutnya akan dituangkan dalam rencana induk dan menjadi bagian-bagian dari sasaran pembangunan smartcity antara lain 1. Smart Governance, 2. Smart Branding, 3. Smart Economy, 4. Smart Living, 5. Smart Society, 6. Smart Environment.


Akhirnya Gerakan #Menuju100Smartcity icni akan menjadi ajang pembuktikan komitmen pimpinan daerah dan seluruh perangkat daerahnya dalam kerangka mewujudkan pembangunan smartcity sebagaimana telah tertuang pada rencana induk smartcity untuk 5 dan 10 tahun kedepan. Komitmen tersebut dibuktikan dengan adanya partisipasi aktif perangkat daerah dalam melaksanakan rencana induk yang berkolaborasi dengan seluruh unsur masyarakat sebagai wujud partisipasi masyarakat memujudkan smartcity.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar